Jumat, 30 November 2012

Tes Intelegensi


BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Perkembangan Tes Inteligensi
Pada awalnya telah dipraktekan oleh negara cina sejak sebelum dinasti Han, yang dilakukan oleh jenderal cina, untuk menguji rakyat sipil yang ingin menjadi legislatif berdasarkan pengetahuan menulis klasik, persoalan administratif dan manajerial.
Kemudian dilanjutkan sampai pada masa dinasti Han (200 SM- 200 M), namun seleksi ini tidak lagi untuk legislatif saja, tetapi mulai merambah pada bidang militer, perpajakan, pertanian, dan geografi. Meskipun diawali dengan sedikit mencontoh pada seleksi militer perancis dan Inggris. Sistem ujian telah disusun dan berisi aktivitas yang berbeda, seperti tinggal dalam sehari semalam dalam kabin untuk menulis artikel atau puisi, hanya 1 % sampai dengan 7 % yang diijinkan ikut ambil bagian pada ujian tahap kedua yang berakhir dalam tiga hari tiga malam. Menurut Gregory (1992), seleksi ini keras namun dapat memilih orang yang mewakili karakter orang Cina yang kompleks. Tugas-tugas militer yang berat cukup dapat dilakukan dengan baik oleh para pegawai yang diterima dalam seleksi fisik dan psikologi yang intensif 
Tokoh-tokoh yang berperan antara lain adalah Wundt. Beliau merupakan psikolog pertama yang menggunakan laboratorium dengan penelitiannya mengukur kecepatan berpikir. Wundt mengembangkan sebuah alat untuk menilai perbedaan dalam kecepatan berpikir. Sedangkan Cattel (1890) menemukan tes mental pertama kali. Yang memfokuskan pada tidak dapatnya membedakan antara energi mental dan energi jasmani. Meskipun Pada dasarnya tes mental temuan Cattel ini hampir sama dengan temuan Galton.
Tokoh yang tak kalah pentingnya adalah Alfred Binet. Selain kontribusi nyata pribadi beliau dengan menciptakan tes intelegensi, beliau juga bekerja sama dengan Simon (1904) untuk membuat instrumen pengukur intelegensi dengan skala pengukuran level umum pada soal- soal mengenai kehidupan sehari- hari. Perkembangan selanjutnya dua tokoh ini mengembangkan penggunaan tes intelegensi dengan tiga puluh items berfungsi mengidentifikasikan kemampuan sekolah anak. Tahun 1912, Stres membagi mental age dengan cronological age sehingga muncul konsep IQ.
Tokoh selanjutnya yang cukup berperan adalah Spearman dan Persun, dengan menemukan perhitungan korelasi statistik. Perkembangan selanjutnya dibuatlah suatu standar internasional yang dibuat di Amerika Serikat berjudul “Standards for Psychological and Educational Test” yang digunakan sampai sekarang. Kini tes psikologi semakin mudah, praktis, dan matematis dengan berbagai macam variasinya namun tanpa meninggalkan pedoman klasiknya. Psikodiagnostik adalah sejarah utama dari tes psikologi atau yang juga disebut psikometri.
a. Penemuan Tes IQ (Inteligensi)
Tes inteligensi pertama kali di gunakan secara masal pada tahun 1941, saat menteri pendidikan Prancis meminta psikolog Alfred Binet (1857-1911) menemukan cara mengidentifikasi anak – anak yang memiliki kemampuan belajar yang lambat sehinga anak – anak tersebut mendapatkan penanganan yang tepat. Menteri pendidikan tidak mau proses penilaian tersebut dilakukan oleh guru untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah penilaian akibat prasangka kepada anak – anak miskin atau akibat salah mengidentifikasi anak – anak yang pemalu atau yang sering berbuat onar, sebagai anak – anak yang memiliki keterbelakangan mental. Pemerintah menginginkan pendekatan yang lebih objektif dalam proses tersebut. Setelah berkutat dengan masalah tersebut akhirnya Binet mendapatkan sebuah pemahaman : di dalam kelas, anak-anak yang “tidak cerdas” memiliki kinerja seperti anak yang lebih mudah. Sebaliknya, anak-anak yang cerdas menunjukan perilaku seperti anak-anak dengan usia yang lebih tua. Pemahaman ini menunjukan bahwa yang harus diukur adalah usia mental anak tersebut, untuk kemudian dibandingkan dengan rata-rata usia mental anak-anak lainnya pada usia kronologis yang sama. Kemudian tes ini dikembangkan oleh Binet dan rekanya Theodore Simon mengukur memori, kosakata, dan diskriminasi perceptual. Pemberian skor dikembangkan oleh peneliti lainya mengunakan formula membagi usia mental seorang anak dengan usia kronologisnya. Hasil pembagian tersebut adalah angka yang kemudian disebut sebagai intelligence quotient (IQ) anak-anak berusia 8 tahun yang memiliki kemampuan setara dengan anak-anak berusia 10 tahun akan memiliki IQ sebesar 125 (10 dibagi 8 kemudian dikalikan dengan 100). Normalnya, anak-anak berapapun usianya akan memiliki IQ sebesar 100, karena usia mental dan usia kronologisnya sama.
Tes IQ diperkenalkan di Amerika oleh Lewis Terman, seorang psikolog yang berasal dari Stanford, merevisi tes yang dikembangkan oleh Binet dan mengembangkan norma untuk anak-anak amerika. Versi revisi tersebut yang kemudian dikenal denga nama Skal Inteligensi Stanford-Binet, dipulikasikan pertama kalinya pada tahun 1916, dan kemudian diperbaiki beberapa kali. Tes tersebut meminta seseorang melakukan beberapa hal, seperti melengkapi kata pada kalimat, menjawab pertanyaan yang bersifat umum, memprediksi bagaimana bentuk sebuah kertas pada saat lipatan tersebut dibuka, menghitung jumlah air mengunakan dua wadah yang berbeda ukuran, dan membedakan konsep yang serupa tapi tidak tepat sama (seperti vigor dan energy). Semakin tua usia subjek yang mengerjakan tes tersebut, semakin banyak jumlah item yang mengukur pemahaman dan kefasihan verbal, kemampuan spasial dan penalaran. 
B. Pengertian Intelegensi
Inteligensi dapat diartikan ekspresi dari tingkat kemampuan individu pada saat tertentu dalam hubungan dengan norma usia tertentu. Intelegensi didefenisikan dalam tiga komponen-komponennya, yaitu :
a) Kemampuan untuk mengolah pikiran atau mengarahkan tindakan.
b) Kemampuan untuk mengubah arah tindakan bila tindakan tersebut tengah dilaksanakan.
c) Kemampuan untuk mengkritik diri sendiri atau melakukan autokritisme.
Vernom (1973) mengatakan ada 3 arti mengenai intelegensi. Pertama, intelegensi adalah kapasitas bawaan yang di terima oleh anak dari orangtuanya melalui gen yang nantinya akan menentukan perkembangan mentalnya. Kedua, intelegensi mengacu pada “panda”, cepat dalam bertindak, bagus dalam penalaran, dan pemahaman serta efisien dalam aktifitas mental. Ketiga, intelegensi adalah umur mental atau IQ atau skor dari suatu tes intelegensi. Defenisi intelegensi menurut para ahli :
a. Alfred Binet, Menurut Binet Intelegensi merupakan sisi tunggal dari karakteristik yang terus berkembang  sejalan dengan proses kematangan seseorang yang menggambarkan intelegensi sebagai sesuatu yang fungsional, untuk melihat apakah seseorang cukup intelegen atau tidak, dapat diamati dari cara dan kemampuannya untuk mengubah dan melakukan suatu tindakan.
b. Edward Lee Thorndike, Menurut Thorndike, intelegensi terdiri atas berbagai kemampuan spesifik yang ditampakkan dalam wujud perilaku intelegen. Ia mengklasifikasikan intelegensi dalam bentuk tiga kemampuan, yaitu (a) Kemampuan Abstraksi, yakni kemampuan untuk bekerja dengan menggunakan gagasan dan simbol-simbol. (b) Kemampuan Mekanik, yaitu kemampuan menggunakan alat-alat mekanis dan pekerjaan memerlukan aktifitas indra-gerak. (c) Kemampuan Sosial, kemampuan untuk menghadapi orang lain.
c. Charles E. Spearman, Definisi intelegensi menurut Spearman mengandung dua komponen kualitatif yang penting yaitu edukasi relasi dan edukasi korelasi. Edukasi relasi adalah kemampuan untuk menemukan suatu hubungan dasar yang berlaku di antara dua hal. Sedangkan Edukasi Korelasi adalah kemampuan menerapkan hubungan dasar yang telah ditemukan dalam proses edukasi. Di samping itu, Spearman mengemukakan lima prinsip, yaitu energi mental, kekuatan menyimpan, kelelahan, kontrol konaktif  dan potensi primordial.
d. Cyril Burt, dalam teorinya, ia mengatakan bahwa kemampuan mental terbagi atas beberapa faktor yang terbagi pada tingkatan-tingkatan berbeda. Faktor- faktor tersebut adalah suatu faktor umum (general), faktor kelompok besar (broad group), faktor kelompok kecil (narrow group), faktor spesifik (specific).
e. Philip Ewart Vernon, Vernon (1950) mengemukakan model hierarkis dalam menjelaskan teorinya mengenai intelegensi. Mengenai factor spesifik, Vernon berpendapat lebih baik membicarakan faktor-faktor  lebih umum karena faktor umum berkorelasi lebih konsisten dan substansial.
f. Joy Paul Guilford, Teorinya mengenai structure of intelled. Guilford berusaha menyertakan kategorisasi perbedaan individual diberbagai faktor  kemampuan mental dalam usahanya memahami dan menggambarkan proses-proses mental yang mendasari perbedaan individual tersebut.
Masih banyak defenisi lain mengenai kecerdasan/intelegensi oleh para ahli psikologi yang berbeda satu sama lain, tergantung darimana ahli itu memandang intelegensi. Teori-teori intelegensi yang berbeda ini membuat tes intelegensi juga sangat beragam. Penggunaannya tergantung pada kebutuhan apa yang hendak diukur, disesuaikan dengan jenis pekerjaan/aktivitas yang akan dibebankan. Tetapi pada umumnya, tes intelegensi mengukur hal-hal seperti di bawah ini:
1) Linguistik verbal, yaitu kemampuan untuk membaca dan menulis 
2) Numerik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan angka atau matematika
3) Spasial, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kreativitas seperti kesenian, desain, pengenalan pola, peta dan lain-lain.
4) Kecerdasan fisik, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemapuan fisik seperti olahraga.
5) Lingkungan/natural, yaitu kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang mampu berhubungan dengan alam seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang.
6) Interpersonal, yaitu kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang mampu berbicara dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.
7) Intrapersonal, yaitu kecerdasan mengelolah emosi (emotional intelligence), kemampuan seseorang untuk mengendalikan dan mengatur dirinya sendiri.
8) Kecerdasan musical, adalah kecerdasan pada seni musik mencipta, merasa, dan memahami pesan dari sebuah musik.
Belum ada alat tes intelegensi yang dapat mengukur semua aspek diatas, karena sifatnya yang terlalu luas, juga penggunaan tes intelegensi hanya mengharapkan seseorang unggul pada aspek-aspek yang diinginkan.
C. Menghitung dan Mengklasifikasikan Inteligensi
Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyatakan tinggi rendahnya inteligensi adalah dengan menerjemahkan hasil tes inteligensi ke dalam angka yang dapat menjadi petunjuk mengenai kedudukan tingkat kecerdasan seseorang bila dibandingkan secara relatif terhadap suatu norma. Secara tradisional, angka normatif dari hasil tes inteligensi dinyatakan dalam bentuk rasio (quotient) dan diberi nama intelligence quotient(IQ). Walaupun demikian, tidak semua tes inteligensi akan menghasilkan angka IQ karena IQ bukan satu-satunya cara untuk menyatakan tingkat kecerdasan seseorang. Beberapa tes inteligensi bahkan tidak menghasilkan IQ, tetapi memberikan klasifikasi tingkat inteligensi, seperti Level III yang berarti klasifikasi inteligensi normal. Istilah IQ diperkenalkan pertama kali pada tahun 1912 oleh seorang psikolog Jerman, William Stern. Kemudian ketika pada tahun 1916, L.M. Terman menerbitkan edisi revisi tes Binet, istilah IQ mulai digunakan secara resmi untuk yang pertama kali. Sewaktu pertama kali digunakan secara resmi, angka IQ dihitung dari hasil tes inteligensi Binet, yaitu dengan membandingkan skor tes yang diperoleh seorang individu dengan usia individu tersebut. Pada waktu itu, perhitungan IQ dilakukan dengan menggunakan rumus:
IQ = (MA/CA) x 100
Keterangan:
MA = Mental Age(usia mental)
CA = Chronological Age(usia kronologis)
100 = Angka konstan untuk menghindari bilangan desimal
Istilah usia mental dikemukakan untuk pertama kalinya bersamaan dengan perumusan perhitungan IQ di atas. Pada masa tersebut, rumus IQ digunakan untuk menentukan tingkat inteligensi seseorang berdasarkan hasil tes inteligensi Binet. Sebenarnya usia mental merupakan suatu norma pembanding, yaitu norma performansi pada kelompok usia tertentu. Misalkan anak yang berusia delapan tahun sebagian besar di antara mereka mampu menjawab dengan benar sebanyak 24 soal dalam tes, mak skor 24 tersebut dijadikan norma untuk kelompok anak-anak usia delapan tahun, dan disebut usia mental delapan tahun. Bila seorang anak, dalam mengerjakan tes yang sama, mampu menjawab 24 soal dengan benar, maka ia dikatakan sebagai mempunyai usia mental delapan tahun, sekalipun usia kronologisnya baru tujuh tahun. Adapun usia kronologis adalah usia anak sejak dilahirkan yang dinyatakan dalam satuan tahun atau dalam satuan bulan.
a. Batasan Rasio MA/CA
Gagasan pokok dalam perumusan rasio MA/CA adalah perbandingan relatif antara usia kronologis dengan usia mental yang telah ditentukan berdasar rata-rata skor pada kelompok usia tersebut. Seorang yang berinteligensi normal, diharapkan pada usia lima tahun akan mencapai usia mental lima tahun, pada usia tujuh tahun akan mencapai usia mental tujuh tahun, dan seterusnya. Ternyata, hubungan seperti disebutkan di atas tidaklah selalu ditemui dalam kenyataannya. Setelah memasuki usia remaja akhir, usia mental seseorang rupanya tidak lagi banyak berubah, bahkan cenderung menurun. Rata-rata skor tes yang diperoleh individu berusia 40 tahun relatif sama dengan rata-rata skor sewaktu ia masih berusia 15 tahun, dan karenanya tidaklah layak untuk mengatakannya mencapai usia mental 40 tahun. Di sisi lain, usia kronologis seseorang terus saja bertambah dari waktu ke waktu. Dengan demikian, apabila tes dilakukan dengan membandingkan MA dan CA, maka angka IQ yang diperoleh akan semakin mengecil sejalan dengan bertambahnya usia kronologis. Hal itu memberikan kesan bahwa semakin tua seseorang akan, maka IQ-nya akan semakin menurun. Padahal hal tersebut tidaklah logis dan tidak sesuai dengan kenyataan. Karena itu, perhitungan IQ dengan menggunakan perbandingan MA dan CA tidak dapat dilanjutkan lagi.
b. Perumusan IQ Deviasi
Dengan adanya kelemahan penggunaan rasio MA/CA untuk menghitung IQ, maka David Wechsler memperkenalkan konsep penghitungan IQ yang disebut IQ-Deviasi. IQ-Deviasi tidak ditentukan berdasarkan perbandingan MA/CA, akan tetapi dihitung berdasarkan norma kelompok (mean) dan dinyatakan dalam besarnya penyimpangan (deviasi standar) dari norma kelompok tersebut. Dalam statistika, angka yang dinyatakan dalam satuan deviasi standar disebut skor standar dan dirumuskan sebagai:
Skor Standar = m + s {(X-M)/sx}
Keterangan:
m = mean skor standar yang diinginkan
s = deviasi standar yang diinginkan
X = skor mentah yang akan dikonversikan
M = mean distribusi skor mentah yang diperoleh
sx = deviasi standar skor mentah yang diperoleh
Sebagai catatan, mean IQ selama ini ditetapkan sebesar 100. Hal ini merupakan kebiasaan tradisional para ahli tes inteligensi selama berpuluh-puluh tahun dalam menafsirkan IQ sebesar 100 sebagai tanda tingkat inteligensi normal. Wechsler sendiri menggunakan mean sebesar 100 dan deviasi standar sebesar 15 untuk menghitung IQ yang diperoleh dari tes WAIS dan WISC, sedangkan tes Stanford-Binet, sejak edisi revisi tahun 1960, menggunakan meansebesar 100 dan deviasi standar sebesar 16.
c. Distribusi IQ dan Klasifikasi Inteligensi
Sebagaimana karakteristik fisik dan karakteristik psikologis yang lain, dalam suatu populasi yang besar, distribusi angka IQ akan mengikuti suatu model sebaran normal yang berbentuk genta/lonceng simetris, di mana mean terletak di tengah sumbu, angka-angka yang lebih kecil dari meanterletak di sebelah kiri, dan angka-angka yang lebih besar dari mean terletak di sebelah kanan. Hal itu terjadi sesuai dengan deskripsi matematis Quatelet mengenai kurva lonceng yang dijadikan landasan oleh Galton, pada tahun 1869, untuk menyatakan bahwa setiap sifat yang terjadi secara alamiah akan mempunyai satu meandan satu distribusi normal terhadap meantersebut.
Implikasi model distribusi normal ini terhadap tingkat inteligensi adalah bahwa persentase terbesar populasi akan memiliki IQ di sekitar mean(100), yaitu di antara angka 90 dan 110. Semakin jauh ke arah kiri (IQ semakin rendah) dan semakin jauh ke arah kanan (IQ semakin tinggi), persentase populasi yang ada akan semakin kecil. Artinya, persentase orang yang mempunyai IQ yang tinggi sekali akan sama kecilnya dengan persentase orang yang memiliki IQ rendah sekali.
Hal tersebut telah terbukti kebenarannya dari data yang diperoleh oleh Terman dan Merril pada tahun 1937. Data tersebut berasal dari 3184 subyek yang digunakan untuk standardisasi tes Stanford-Binet. Distribusi data tersebut tampak dalam tabel berikut:
IQ
PERSENTASE
KLASIFIKASI
160 – 169
0,03
Sangat Superior
150 – 159
0,20
140 – 149
1,10
130 – 139
3,10
Superior
120 – 129
8,20
110 – 119
18,10
Rata-rata Tinggi
100 – 109
23,50
Rata-rata Normal
90 – 99
23,00
80 – 89
14,50
Rata-rata Rendah
70 – 79
5,60
Batas Lemah
60 – 69
2,00
Lemah Mental
50 – 59
0,40
40 – 49
0,20
30 – 39
0,03
Normalitas distribusi skor tes inteligensi juga diperlihatkan oleh hasil pelancaran skala WAIS-R, pada tahun 1981, sebagaimana tampak dalam tabel di bawah ini. Dalam tabel tersebut dapat dibandingkan distribusi persentase teoretis bagi masing-masing kelompok IQ dengan distribusi persentase yang diperoleh dari sampel nyata.
IQ
PERSENTASE

KLASIFIKASI

Teoretis
Sampel Nyata

≥ 130
2,2
2,6
Sangat Superior
120 – 129
6,7
6,9
Superior
110 – 119
16,1
16,6
Di Atas Rata-rata
90 – 109
50,0
49,1
Rata-rata
80 – 89
16,1
16,1
Di Bawah Rata-rata
70 – 79
6,7
6,4
Batas Lemah
≤ 69
2,2
2,3
Lemah Mental
Gambaran distribusi IQ demikian diharapkan juga dapat berlaku pada populasi subyek yang lain di mana saja, asalkan bukan merupakan kelompok khusus atau kelompok pilihan.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan 
Dari hasil pembahasan kami menyimpulkan bahwa, disadari dalam pengunaan tes inteligensi masih memiliki banyak kekurangan seperti yang telah diungkapkan oleh para ahli dimana tes inteligensi masin bersifat seperti tes umum karena belum dapat merangkul keseluruhan aspek inteligensi. Namun pengunaan tes inteligensi dewasa ini disesuaikan dengan permintaan pengaju tes, seperti pada perekrutan tenaga kerja baik pada perusahaan dan instansi instansi. Dimana dalam tes inteligensi disesuaikan dengan aspek yang ingin diukur agar dalam perekrutan tenaga kerja tersebut didapati tenaga kerja yang handal sesuai dengan aspek yang diingainkan oleh perusahaan dan mampu bekerja dengan lebih baik lagi. Demikianlah pengunaaan tes inteligensi pada kalangan umum. Adapun manfaat tes inteligensi dilingkup sekolah yakni bagi guru Bimbingan dan Konseling adalah sebagai berikut: 
1. Sekolah, tes intelegensi dapat digunakan untuk menyaring calon siswa yang akan diterima atau untuk menempatkan siswa pada jurusan tertentu, dan juga mengidentifikasi siswa yang memiliki IQ di atas normal.
2. Guru, tes intelegensi dapat digunakan untuk mendiagnosa kesukaran pelajaran dan mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan setara.
3. Konselor, tes intelegensi dapat digunakan untuk membuat diagnosa siswa, untuk memprediksi hasil siswa dimasa yang akan datang, dan juga sebagai media untuk mengawali proses konseling.
4. Siswa, tes intelegensi dapat digunakan untuk mengenali dan memahami dirinya sendiri dengan lebih baik, dan mengetahui kemampuannya.
5. Menganalisis berbagai masalah yang dialami murid
6. Membantu memahami sebab terjadinya masalah
7. Membantu memahami murid yang mempunyai kemampuan yang tinggi juga yang rendah
Secara umum, tes intelegensi dapat  digunakan sebagai bahan diagnosa. Hasil tes belum tentu perlu disampaikan dalam proses konseling, tetapi konselor maupun konseli memerlukan gambaran yang menyeluruh dari diri seorang konseli. Dengan menggunakan hasil tes intelegensi, konselor dapat melakukan diagnosa terkait perkembangan konseli selama dan setelah proses konseling berlangsung. Selain itu, hasil tes intelegensi dapat digunakan sebagai data penunjang. Jika tes yang digunakan tidak hanya tes atau tes intelegensi, maka hasil tes intelegensi dapat digunakan untuk menunjang data yang telah diperoleh dan diperlukan dalam kegiatan konseling.
Daftar Pustaka 
Wade, C. & Travis, C. 2007. Psikologi. Dominican University of California: Prentice-Hall International, Inc
Anastasi, A. & Urbina, S. 1997. Psychological Testing. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall International, Inc.
Azwar, S. 2006. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cronbach, L.J. 1990. Essentials of Psychological Testing. New York: HarperCollins Publishers.
Hood, A.B. & Johnson, R.W. 1993. Assessment in Counseling: A Guide to the Use of PsychologicalAssessment Procedures. Alexandria, VA: ACA.

1 komentar: